Pada tipe ini, pin perpanjangan dari sector shaft yang terpasang di-slot pada worm yang menyebabkan sector shaft berputar. Pin dipasang melalui bearing, saat lever sector shaft berputar akan bergeser (sliding) bersama slot, sehingga aksi sliding melawan worm dicover ke dalam rolling contact untuk mengurangi tahanan gesek.
Cara kerja
Apabila poros kemudi diputar melalui roda kemudi maka worm gear yang seporos dengan poros utama kemudi akan ikut berputar juga. Gerakan ini akan ikut mempengaruhi gerakan Pin yang ikut bergeser karena ulir dari worm gear.
Karena Pin merupakan bagian dari sector shaft, maka gerakan dari roda kemudi adalah merupakkan gerakan dari sector shaft. Kemudian gerakan sector shaft ini akan diteruskan pitman arm sebagai gerakan translasi untuk menggerakan steering lingkage dan kemudian menggerakan roda roda.
Karena Pin merupakan bagian dari sector shaft, maka gerakan dari roda kemudi adalah merupakkan gerakan dari sector shaft. Kemudian gerakan sector shaft ini akan diteruskan pitman arm sebagai gerakan translasi untuk menggerakan steering lingkage dan kemudian menggerakan roda roda.
WORM AND ROLLER
Cara kerja
Bila roda kemudi di putar, roda gigi cacing juga berputar dan menggerakkanroda gigi roll / memutar poros gigi roll
Kemiringan roda gigi rol dan cacing
Roda gigi rol dibuat miring terhadap poros roda gigi cacing untuk memperbesar
kontak gigi
Keuntungan :
- Ranjum
- Sederhana
Kerugian :
- Berat (dalam bekerja)
- Produksi gigi cacing mahal
- Sudut bola relatif kecil
Penggunaan :
- Truk ringan
- Sedan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar