07 Juni, 2011

prinsip Rem cakram


Rem cakram terdiri dari piringan yang dibuat dari logam, piringan logam ini akan dijepit oleh kanvas rem (brake pad) yang didorong oleh sebuah torak yang ada dalam silinder roda. Untuk menjepit piringan ini diperlukan tenaga yang cukup kuat. Guna untuk memenuhi kebutuhan tenaga ini, pada rem cakram dilengkapi dengan sistem hydraulic, agar dapat menghasilkan tenaga yang cukup kuat. Sistem hydraulic terdiri dari master silinder, silinder roda, reservoir untuk tempat oli rem dan komponen penunjang lainnya. Pada kendaraan roda dua, ketika handel rem ditarik, bubungan yang terdapat pada handel rem akan menekan torak yang terdapat dalam master silinder.



Torak ini kan mendorong oli rem ke arah saluran oli, yang selanjutnya masuk ke dalam ruangan silinder roda. Pada bagian torak sebelah luar dipasang kanvas atau brake pad, brake pad ini akan menjepit piringan metal dengan memanfaatkan gaya/tekanan torak ke arah luar yang diakibatkan oleh tekanan oli rem tadi.

Cara kerja rem jenis cakram atau piringan adalah dengan menekan pedal rem, maka fluida akan menekan silinder roda yang kemudian silinder roda akan menekan pad rem, kemudian pad rem akan menjepit cakram dan terjadilah pengereman.

Komponen dari konstruksi rem roda depan (cakram) adalah :
1. Piringan
Umumnya cakram atau piringan dibuat dari besi tuang dan berlubang-lubang untuk ventilasi. Fungsi dari lubang-lubang tersebut adalah untuk menjamin pendinginan yang baik dan umur yang lebih awet.
2.    Pad rem
Pada rem biasanya terbuat dari campuran metalic fiber dan sedikit serbuk besi. Pada pad rem diberi garis celah untuk menunjukkan tebal pada pad rem. Dengan demikian, dapat mempermudah pengecekan keausan pada pad rem. Pada beberapa pad rem dipasangkan metalic plate yang disebut juga dengan anti aquel shim, yang dipasangkan pada sisi piston dari pad rem untuk mencegah bunyi saat dilakukan pengereman.
3. Caliper
Caliper disebut juga cylinder body, memegang pistonpiston dan dilengkapi dengan saluran minyak rem menuju ke silinder. Menurut jenis pemasangannya caliper dikelompokkan

menjadi 2 tipe, yaitu :
1. Tipe fixed caliper (double piston)
2. Tipe floating caliper (single piston)

2 komentar:

  1. Nice post gan, sistem rem cakram yang biasa dipake untuk rem depan motor fungsinya cukup penting ya gan,, agar tetap berfungsi kita perlu rajin-rajin merawatnya baca cara membersihkan rem cakram, agar lebih detail.

    BalasHapus