04 Juni, 2011

KARBURATOR



Proses pembakaran akan terjadi bila terdapat 3 unsur utama yaitu:
1.    Bahan bakar
2.    Oksigen atau udara
3.    Api atau temperatur diatas titik nyala bahan bakar.
Pembakaran akan lebih mudah dilakukan bila bahan bakar dalam bentuk kabut atau butiran kecil dengan komposisi campuran udara dan bahan bakar tepat. Proses pengabutan bahan bakar dan bercampurnya  udara dengan bahan bakar disebut proses karburasi, alat yang digunakan untuk proses karburasi disebut karburator.
     Dengan demikian karburator berfungsi :
1.    Mengkabutkan bahan bakar sehingga mudah dibakar.
2.    Mencampur udara dan bahan bakar pada komposisi yang paling tepat sesuai dengan kondisi kerja mesin.
3.    Mengontrol jumlah campuran yang masuk kedalam silinder guna mengontrol tenaga dan kecepatan sepeda motor.
 

Gambar   Komponen Karburator



B.  Bagian-bagian  Karburator dan Fungsinya

Ukuran karburator ditunjukkan dari ukuran lubang atau diameter dalam bagian terkecil, yaitu bagian venturi. Satuan ukuran yang digunakan adalah mm,  semakin besar ukuran semakin besar kapasitas karburator.



Contoh : Karburator BS, berarti diameternya 26 mm.

Gambar Ukuran Karburator

Slow jet/ pilot jet  (spuyer langsam)  merupakan bagian karburator yang berfungsi untuk mengontrol aliran bahan bakar pada sistem putaran rendah dan menengah. Semakin besar ukuran semakin besar pula bahan bakar yang mampu dialirkan.

GambarPosisi Slow Jet
Main jet (Spuyer utama)  merupakan bagian karburator yang berfungsi untuk mengontrol aliran bahan bakar sistem putaran  menengah dan tinggi. Semakin besar ukuran semakin besar pula bahan bakar yang mampu dialirkan. 






Gambar Main Jet
Jet needle (jarum skep) merupakan bagian merupakan bagian karburator yang berfungsi untuk mengontrol besar lubang needle jet. Bentuk jet needle adalah tirus sehingga saat jet needle ditarik diameter lubang needle jet dapat bervariasi sesuai bukaan throttle valve.
Contoh: needle jet =  4C11-3
            4C11      menunjukkan angka ketirusan
                 3        menunjukan posisi standard pemasangan clip.



 
Gambar Jet Needle

Needle jet (spuyer jarum) merupakan bagian karburator yang bersama jet needle berfungsi untuk mengontrol besar lubang yang berhubungan dengan venturi. Bentuk tirus dari jet needle sehingga diameter lubang needle jet dapat bervariasi sesuai bukaan throttle valve.
Contoh: needle jet = 0 - 2 , menunjukkan diameter dalam needle jet.

            
Gambar  Needle Jet

Slow air jet / slow air bleed merupakan lubang yang dilewati udara saat mesin putaran stasioner. Besar lubang slow air jet mempengaruhi campuran saat putaran stasioner maupun putaran rendah.
     Contoh kode lubang : # 127,5




Main air jet merupakan lubang yang dilewati udara saat mesin putaran menengah dan tinggi. Besar lubang ini mempengaruhi besar dan atomisasi bensin yang melalui main jet.

Air screw/ pilot screw merupakan sekerup yang mengatur banyaknya udara dan bahan bakar yang melewati orifice. Saat sekerup diputar penuh lubang tertutup, besar lubang ditentukan dengan banyak putaran dari posisi tertutup.
Contoh : 1,5 (putaran keluar).

3 komentar: